Kamis, 17 Maret 2016

Pendakian Gunung Rinjani Lombok, Gunung Tertinggi Kedua di Indonesia

Gunung Rinjani adalah salah satu gunung berapi yang masih aktif di Indonesia.Gunung ini merupakan gunung tertinggi kedua di Indonesia.Tingginya sekitar 3.726 m dpl. Gunung ini  terletak di Pulau Lombok. Gunung ini sangat diidam-idamkan bagi mereka yang gemar menaiki gunung. Gunung ini dijadikan favorit oleh pendaki karena keindahan yang ditawarkannya.Wisatawan yang datang ke Lombok juga biasanya ingin mendaki ke gunung tersebut.Gunung ini termasuk kedalam Taman Nasional Gunung Rinjani.Dengan sebagai gunung tertinggi kedua di Indonesia, banyak pendaki dari mancanegara dan lokal yang memiliki keinginan untuk dapat mencapai puncaknya.Terdapat beberapa jalur pendakian untuk mencapai puncak gunung ini.

Eksotisnya Wisata Gunung Rinjani Lombok

Pemandangan yang ditawarkan oleh Taman Nasionalnya adalah dengan adanya Danau Segara Anak. Danau ini biasanya dilewati oleh pendaki yang menempuh jalur Senaru dan Sembalun.Dari pintu gerbang Senaru, dibutuhkan waktu sekitar 7 jam.Melalui jalur Sembalutun dibutuhkan waktu sekitar 8 jam.Di sekitar danaunya terdapat tanah kosong yang cukup luas dan dapat dijadikan untuk berkemah.Gunung Rinjani dianggap memiliki pemandangan yang paling indah di antara gunung-gunung lain yang ada di Indonesia. Gunung ini dianggap sebagai gunung yang suci bagi umat Hindu karena merupakan tempat tinggal bagi dewa-dewa.Banyak ritual adat yang sering dilakukan di gunung Rinjani.Seperti contohnya mencuci alat-alat atau senjata-senjata tradisional.Biasanya pencucian ini dilakukan di sumber air panas yang letaknya dibawah Danau Segara Anak.

Objek Wisata Lombok di Sekitar Rinjani

Obyek lainnya yang ada di Gunung Rinjani adalah Goa Susu, Manik, dan Payung.Pemandangan yang indah ini harus diabadikan oleh para pendaki ketika hendak ingin mencapai puncak.Sudah seharusnya dengan pemandangan yang disuguhkan ini, para pendaki juga harus turut serta dalam menjaga kebersihan di sepanang jalur pendakian.Kebersihan adalah hal utama yang harus diperhatikan oleh para pendaki.Para pendaki tidak saja sebagai penikmat pemandangan yang ada di Gunung Rinjani, tetapi bertanggung jawab pula untuk menjaga kebersihan.Jangan meninggalkan sampah makanan atau minuman ketika berada di atas.Bawalah sampah-sampah tersebut ketika hendak turun.

Untuk melakukan pendakian ke Gunung Rinjani juga diperlukan untuk mendaftar dari jauh-jauh hari.Sehingga data pendaki dapat terjaga keselamtannya oleh para penjaga.Apabila terjadi suatu hal, para penjaga dapat terus mengambil tindakan secepatnya.Gunung ini merupakan salah satu gunung berapi yang sering aktif.Sehingga ketika ingin mendaki, pastikan dahulu bagaimana kondisi gunung tersebut. Para penjaga tentunya akan memperingatkan jika memang gunung ini sedang berada di kondisi yang aktif. Gunung Rinjani terakhir meletus pada tahun 2015, efek dari letusannya terasa hingga ke Australia.Debu vulkaniknya tidak saja mengganggu aktifitas penduduk sekitar tetapi juga mengganggu aktifitas penerbangan di Lombok.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar